Thursday, March 24, 2011

Pirates of Silicon Valley - Apple vs Microsoft

Dulu awal mula komputer bentuknya seperti ini


Sekarang komputer sudah mengalami kemajuan hingga berbentuk seperti ini

Atau yang bisa di bawa kemana-mana seperti ini
Nah.. Keliatan banget ya bedanya, yang dulu komputer gede-gede sekarang komputer bisa di tenteng ke mana-mana.

Seperti yang kita ketahui, bahwa komputer tidak lepas dengan Operating System. Ada banyak operating sistem yang bisa di install di komputer, misalnya Microsoft Windows, Mac OS, Unix (turunannya). Di dunia opeating system, ada 2 vendor yang bersaing ketat, yaitu Microsoft dan Apple.
Yang ingin mengetahui lebih jauh sejarah revolusi di dunia komputer, terutama tentang Operating System, dan lebih spesifik lagi antara Apple vs Microsoft, bisa nonton film Pirates of Silicon Valley.

Film ini menceritakan perjuangan dan persaingan serta awal kelahiran Apple dan Microsoft. Dua orang yang sampai sekarang masih di anggap sebagai orang yang paling berperngaruh di dunia komputer, yaitu Steve Jobs dan Bill Gates.

Di sini juga diceritakan kisah masa muda Steve Jobs dan Bill Gates, mulai dari kuliah, drop out, hingga terjun ke bisnis komputer. (DO kuliah bisa sukses kek gitu ya :D)

Pada film ini kita akan belajar bagaimana masa-masa awal berkembangnya PC. Ada hal menarik di film ini yaitu para petinggi perusahaan besar pada saat itu menertawakan para insinyurnya yang menciptakan alat yang bernama mouse yang selalu kita pakai saat ini. Dan juga perusahaan-perusahaan besar yang menertawaan ide bahwa komputer dapat digunakan oleh orang awam. (pada saat itu emang komputer hanya di gunakan oleh perusahaan)

Apple dengan ide besar mereka untuk mengubah dunia, dan Microsoft yang menghalalkan segala cara demi mengejar profit sebesar-besarnya. Hingga akhirnya kita harus menyaksikan betapa Apple yang dibangun atas dasar idealisme Steve Jobs harus bertekuk lutut ditelikung Microsoft, yang sebelumnya kerap mereka remehkan.

Apple selalu selangkah lebih maju. Hal ini membuat Bill Gates penasaran dan datang menemui Jobs. Entah jampi-jampi apa yang dia gunakan sehingga Steve Jobs mau menunjukkan prototype yang sedang dikembangkan Apple. Dan hebatnya lagi, Steve Jobs bahkan memberi Bill Gates 1 buah prototype karena Gates berjanji untuk ikut mengembangkannya.Tentu Dan baru setelah sekian lama tidak ada kabarnya, Jobs pun mulai tersadar.

Dia pun memanggil Gates dengan penuh amarah. Di sini lagi-lagi terlihat bakat negoisator seorang Bill Gates. Dia sekali lagi berhasil meyakinkan Steve Jobs bahwa dia sedang membantu melakukan pengembangan.

Dan akhirnya tibalah saat peluncuran komputer Apple yang berasal dari prototype tersebut.Gates diberi kesempatan untuk turut berpidato.Ketika Gates sedang di podium, Steve Jobs mendapat kabar bahwa di Jepang sudah beredar komputer dengan program yang mirip dengan produk Apple itu. Program tersebut tak lain adalah Microsoft Windows!!!

Saat kita dalam kondisi kepepet, dengan melihat peluang yang besar dan harapan akan memicu adrenalin serta melebarkan ruang kreatifitas. Tapi yang terpenting adalah menjaga agar kreatifitas tersebut tidak hilang begitu saja, apa lagi muncul rasa malas yang bisa mengubur harapan kita.

Dari film tersebut dapat di ambil kesimpulan bahwa mereka sukses karena kerja keras dan kreatifitas yang ditimbulkan oleh kepepet dijaga dan dikembangkan, bukan menunggu sampai kepepet itu datang lagi.

0 comments:

Tags

Visitor