Tuesday, December 28, 2010

Buku B.J Habibie

B.J Habibie, siapa sih yang g kenal dengan beliau? Nama asli beliau Bacharuddin Jusuf Habibie . lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Beliau pernah menjabat sebagai Presiden ketiga Republik Indonesia. Di Indonesia, Habibie 20 tahun menjabat Mentri Negara Rstek/Kepala BPPT, memimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis, di pilih MPR menjadi Wakil Presiden RI, dan di sumpah oleh Ketua Mahkamah Agung menjadi Presiden RI menggantikan Soeharto. Soeharto menyerahkan jabatan presiden itu kepada Habibie berdasarkan Pasal 8 UUD 1945. Sampai akhirnya Habibie dipaksa pula lengser akibat refrendum Timor Timur yang memilih merdeka. Pidato Pertanggungjawabannya ditolak MPR RI. Beliau pun kembali menjadi warga negara biasa, kembali pula hijrah bermukim ke Jerman.

Karya beliau sangat banyak terutama dalam mendisain beberapa proyek pemuatan pesawat terbang :
  • VTOL ( Vertical Take Off & Landing ) Pesawat Angkut DO-31.
  • Pesawat Angkut Militer TRANSALL C-130.
  • Hansa Jet 320 ( Pesawat Eksekutif ).
  • Airbus A-300 ( untuk 300 penumpang )
  • CN - 235
  • N-250

Ketika saya googling dengan keyword "Habibie" saya menemukan buku tentang beliau, yaitu :

Detik-Detik yang Menentukan
Banyak hal yang sangat menarik dari buku B.J. Habibie "Detik-Detik yang Menentukan", banyak juga yang menarik dari kepribadian penulisnya, setelah membaca buku itu. Namun demikian tidak meleset jika disimpulkan bahwa: "Buku dan penulisnya menyatu dalam kata "Demokrasi". Itulah uraian buku ini dan itu pula kunci kepribadian penulisnya yang taat beragama Islam itu. Dengan demikian terbukti bahwa tidak ada pertentangan sedikit pun antara penegakan demokrasi dan pelaksanaan ajaran Islam.
(M. Quraish Shihab)

The True Life of Habibie - Cerita di Balik Kesuksesan
Membaca Detik-Detik yang Menentukan membuat serasa dekat dengan sosok Habibie sebagai abdi bangsa yang berjuang mengorbankan seluruh waktu dan tenaga untuk kepentingan bangsa; pernah hanya sempat tidur 1 jam dalam larut mengatasi situasi gawat darurat krisis. Dari mana akar semua itu? Buku ini bercerita tentang garis hidup seorang Habibie yang menarik: genius dan prestisius, tapi dengan jiwa religius; gila kerja tapi juga suka bercanda; gila teknologi tapi juga suka berpuisi. Kesemuanya barangkali adalah jalinan kontinuitas dari energi dan ruh pengabdian dalam diri Habibie—lepas dari kekurangannya sebagai manusia. (Dr. Haidar Bagir - Direktur Utama Mizan Group)

Bagi yang ingin membaca, silakan download ebooknya :
Detik-Detik yang Menentukan
The True Life of Habibie - Cerita di Balik Kesuksesan

1 comments:

coretan centil amary said...

waaaaa i really admire him..
he is such a good leader, its very regrettable his ability going
utter neglect..
SEMANGAADHHH pa habibiiii!!aku mendukunkmuu selaluu..^_^

Tags

Visitor